ratuprayuana

Archive for the ‘Bisnis’ Category

Keaktifan kita untuk mencari tahu pengetahuan disekitar kita yang bisa kita serap adalah sebuah nilai tambah yang selalu dibutuhkan oleh para pelaku usaha awal. Tidak bisa maju sendirian atau tanpa tedeng aling-aling dan nihil pengetahuan lalu langsung terjun kedunia bisnis yang luas.

Mau dikata sapi ompong? πŸ˜›

Untuk memperkaya pengetahuan kita tentang dunia usaha, tidak ada salahnya kita ikut serta seminar-seminar dan atau pelatihan yang bertemakan wirausaha atau entrepreneurship. Jangan pernah malu, pun jangan pernah menganggap remeh, ataupun mencibir.

Tidak perlu ikut dalam seminar yang menguras kantong kita. Saat ini banyak sekali pelatihan atau seminar berbiaya rendah dan sangat terjangkau, bahkan gratis sekalipun. *gue bangeedh πŸ˜›

Sesuaikan dengan usaha apa yang ingin kita geluti. Jika belum tahu usaha apa yang ingin digeluti, ikuti saja semua pelatihan tersebut yang menurut kita menarik dan sepertinya asik juga.. hohohoh.

Kita akan sangat merasa minder dan gugup, bahkan mungkin menganggap tidak penting pada saat pertama kali ikut dalam acara semacam ini, tetapi kita harus bisa membiasakan diri, dan berusaha mengerti apa yang disampaikan oleh pembicara. Kan, katanya pengen juga jadi pengusaha, jadi ya biasakanlah untuk menjadi seperti para pengusaha yang berwawasan luas. Hahah *hazeg hazeg. Read the rest of this entry »

Advertisements

Pada satu titik, saya tersadar berada di tepian jurang, dengan beban dipunggung yang membebani dan harus saya tanggung, tak dapat menghindar, saya harus memutuskan sesuatu.

Keadaan bisnis sedang terpuruk saat ini. Dan saya ingin share ini kepada dunia. Yang saya rasakan sekarang? Satu titik itu sudah rapuh. Tidak ada orang lain yang akan memperbaikinya selain, saya sendiri!

Ada kegiatan menarik yang kami adakan, sekelompok pengusaha yang senang berbagi, dan masuklah saya didalamnya, kami mengadakan pertemuan satu minggu sekali, lewat grup salah satu flatform social media.

How amazing, right? Yeah, at least it is for me… Read the rest of this entry »

Disuatu kesempatan, saya bertanya kepada seorang ibu muda yang baru beberapa bulan memulai bisnisnya. Ibu ini sangat beruntung dan memang saya akui sedang berada dalam keadaan yang sangat baik. Sebuah bisnis makanan basah yang bahkan produknya hanya mampu bertahan selama 2 hari, tetapi sudah bisa mendapatkan kesepakatan kerjasama MOU dengan distributor dengan nominal yang cukup menggiurkan.

Sebanyak 600 pcs/hari produknya sudah dikontrak dengan distributor tersebut, belum lagi pelanggannya yang sudah mulai membentuk seperti sebuah jaringan reseller.

Ibu ini bercerita bahwa di tempat produksinya hanya menerima pesanan max. 1000 pcs perhari, lebih dari itu, tidak diterima, maka siapa cepat order, dia dapat. 1 pcs yang keluar dari tempat produksinya yang dekat dengan warung saya, dihargai Rp. 10.000,- maka kita sudah bisa membayangkan berapa omset usahanya perhari. Silahkan dihitung sendiri πŸ˜€

Read the rest of this entry »

β€˜Haduh mba,,, pedes banget ini mba,,, bisa minta kecap engga ya?’ Tanya seorang pelanggan.

Pelanggan lain yang memesan paket nasi steorofoam ayam bakar halilintar, bercerita kepada saya bahwa temannya yang baru membuka paket ayam bakar halilintar protes –seperti ini kejadianny;

β€˜Yah, kok engga ada sambelnya sih nih…’ lalu dia melihat ke temannya yang memesan ayam bakar madu yang memang disertakan sambal didalamnya.

β€˜Itu tuh, kamu engga dimakan ya sambelnya, buat aku aja deh sini…’ katanya sambil merebut sambal bagian temannya, lalu setelah beberapa suap;

β€˜Duh, ini pedes banget sih deh…’ yang padahal sambal yang diambilnya dari temannya pun tidak termakan sama sekali.

-Okay… let’s see different scene;

β€˜Mba, pedes banget ini nih beneran deh ya ampun emang ga bisa lebih manis gitu ya?’ Tanya seorang pelanggan lain dengan bibir memerah dan peluh keringat dengan posisi tak bisa diam diatas kursinya –tapi makannya terus dilanjutkan sampe bersih ketulang-tulangnya πŸ˜€ Read the rest of this entry »

Hari minggu ini, saya dan teman-teman komunitas pengusaha TDA Depok mengadakan acara di Kelapa Dua, Depok. Kali ini, yang berkesempatan menjadi tuan rumah adalah kawan kami owner dari AYAM BABE –Ayam Bakar Betawi, tempatnya tidak jauh dari kampus Gun-Dar…

Review dari rumah makan kawan kami ini adalah tempatnya asyik, berada disamping jalan utama. Keunikan dari tempat ini adalah, jika kebanyakan ayam bakar lain menggunakan lalapan sebagai pendamping menu (termasuk usaha saya QUEEN AYAM BAKAR HALILINTAR juga menggunakan Kemangi dan mentimun untuk lalapan πŸ™‚) usaha kawan kami ini memakai salad lengkap dengan mayonnaise nya sebagai apa yang biasa orang bilang lalapan untuk ayam bakar. Tempatnya cozy, ber-AC pula (kalo di QUEEN AYAM BAKAR HALILINTAR mah pake Angin Cepoi sodara-sodari, secara tempatny terbuka depan samping belakang gituh. Haha.)

Yah namanya juga beda tema… QUEEN AYAM BAKAR HALILINTAR kan mengusung tema tradisional modern, jadi pasti ada unsur tradisional indonesia didalamnya walaupun menggunakan sistem yang semuanya modern.

Lanjuuuuttt,,, *salah fokus

Okay,,, Bu Evi dari IFBM lah yang kali ini akan sharing pengetahuannya tentang seluk beluk dunia bisnis waralaba kepada kami. Dimulai dengan teori-teori ringan seperti arti kata waralaba itu sendiri, apa itu Franchisor, Frienchisee, dst. Hingga sampai pada hal-hal spesifik bagi pengusaha tentang kewaralabaan yang,,, sungguh memusingkan jadinya… hhhhfff… Read the rest of this entry »

Sebuah kata perjuangan adalah memang perjuangan. Perjuangan. Sebuah perjuangan. Tak ada hal hebat yang akan terasa nikmat jika tak diawali dengan perjuangan. Pahit. Getir. Pedih. Segala rasa tentang perjuangan.

Perjuangan ini terlalu sulit.

Perjuangan ini terlalu manis.

Terlalu sulit untuk kembali.

Terlalu manis untuk ditinggalkan.

Perjuangan ini adalah keharusan.

Perjuangan ini adalah awal.

Keharusan untuk terus maju.

Awal untuk segala kebaikan.

Saya membaca sebuah kalimat indah yang sangat menikam diri saya pribadi. Yang kurang lebih isinya adalah seperti ini; Read the rest of this entry »

Seperti yang sudah dibahas dengan hangat di milis komunitas pengusaha TDA Depok sebelumnya, memanage karyawan sama sekali tidaklah gampang. Sebagai pemimpin di tempat usaha kita sendiri, kita harus mampu mendidik karyawan dengan baik. Dengan berbagai macam isi kepala yang kita sebagai manusia biasa tidak mengetahuinya, kita akan dihadapkan oleh persoalan pelik seputar karyawan.

Saya memulai usaha ayam bakar saya yaitu; QUEEN AYAM BAKAR HALILINTAR sejak awal tahun 2013 tepatnya bulan januari. Di bulan oktober, akhirnya keinginan saya untuk membuka rumah makan dapat terkabul. Alhamdulillahirabbilalamiin…

Singkat kata, dengan membuka rumah makan, saya sendiri sudah mengetahui dan menyadari dengan pasti bahwa saya akan menghadapi berbagai macam permasalahan dalam perjalanan rumah makan ini, salah satunya ya, permasalahan tentang karyawan. Tetapi tetap saja, disaat masalah tersebut muncul dan dihadiahkan oleh Yang Maha Kuasa kepada saya, saya menjadi lemah dan merasa tidak sanggup untuk melalui dan menghadapinya. Read the rest of this entry »


Cerita bareng Sang Ratu

Entrepreneur learn to be [ Lecturer wanna be [ Happy woman must be [ Student always to be [ A useful person to the world have to be [ Traveler always will be [ Blogger try to be

Putu bareng sang Ratu -Instagram

Panaass..
Beli es podeng, nemu di pinggir jalan..
Alhamdulillah masyaAllah..
.
.
Jadi inget zaman masih muda dulu jajanin es podeng hampir tiap hari di kampus, si narsoy doyan banget ini.. Wkwkkk
.
Sluruuupp..
.
My best part, pas esnya ketemu sama rotinya..
Woaaahhh..
*bang, rotinya banyakin ya bang..
.
Hehehee Sate Kambing
#indonesianfood #goatsatay #satekambing #bogaindonesia #kuliner #wisatakuliner #kulinerindonesia #makananenak 
Goat Satay with soya sauce..
Favorite 😍
If you found the right place to eat this, it'll be a wow..
Have a taste!
.
Ini tuh dengan para potongan cabai rawit, tomat dan bawang merahnyaa
*wew Warning:
Ini seriusan sama sekali bukan lagi di tukang sayur, tapi di warung makan pecel ayam yang melimpaaaahh sayur-mayurnyaaa.. *ijo-ijoo 😍😍
.
Mantaabb!!
.
Cekidot on gmaps πŸ‘‡
Warung makan lamongan bang Karim
πŸ“±πŸ΄πŸ—
Jampang, Bogor
.
Maafkan yaao buat yg bertanya2 ttg warung ini baru sy kirim review ny skrg πŸ˜†βœŒ
.
-Di foto ini sy pesan ikan mas goreng yg crispy nikmat (ngebayanginnya jadi ngiler lg)
Sedia ayam goreng dada dan paha, lele goreng, ikan mas goreng, sate ampela goreng
-Dikasih lalapan sepiring metung (sambil melongo gt ngeliatnya) sy aja yg suka sayuran gak mungkin bisa habisin semua..
Kalo lalapannya jangan ditanya, itu hampir semua macam sayuran disediain disitu, kalopun kurang tinggal nyomot sendiri ajah πŸ˜‚
-Sambal lumayan pedas n enak dengan catatan tampilan yg rada beda dari sambal biasanya, tapiii si abangnya ngasih per porsi sambalnya dikit bangeeet, kan jadi harus minta teruuss, tengsin kan jadinyaa, minta lagi minta lagi.. zzzzzz (prayuana) πŸ˜…
-Ayam goreng n sate ampela gorengnya kurang garam πŸ™ˆ mungkin para abang ini lg rada galau yaa jd kurang garam begitu.. wkwkk (semoga cuma pas hari itu aja)
-Pete gorengnya mudaaa 😣 sedih (penting banget)
.
Ya overall okeeii lah yoo.. seru makan sambil ngeliatin n milih2 sayuran2 sendiri gt.. hehehe
.
Pas pulang sisa lalapannya kami minta bawa pulang, pas dicek dirumah, masyaAllah segitu banyaknya itu lalapan plus ditambahin tomat 5 biji n lain2nya pula πŸ˜±πŸ˜…
.
Semoga berkaaaahh jualannya. Aamiin..
.
Para babang2 ini juga asik kok diajak ngobrolnya, seru2 orangnya, gak yg diem ajah gituh..
Wkwkk
.
Lanjutkaan broohh!! πŸ’ͺπŸ’ͺ
.
.
Note:
-Gak ada lahan parkiran, jd kendaraan di parkir berjejer di pinggir jalan..
Wuuhh, macam lagi ada kondangan saja jadinya para mobil n motor berjejer puanjaaaang ujung ke ujung..
-kira2 budget makan /orang kurleb 20rb an..
-waktu terbaik makan disana sore aja jam 4 atau 5 an pas mereka baru buka..
Jd masih rada sepi dikit πŸ˜…
Stok habis rata2 jam 9 malam..
Jd jangan sampai kehabisan.. wkwkk
.
Selamat berburu kuliner murah nan enaaakk
πŸ‘πŸ‘
.
#kuliner #wisatakuliner #culinary #makanenakmurah #makananenak #jalanjalan #indonesianfood #instafood #vegetables #sayuran #makanmurah #fruit #jambuair #tinyfruit #buah #freshfruit #segar #fotografi #photography #learning #alam #nature #healthylife #nature #alam #air #pohon #pojokalam #kolam #beautiful #comfortable #hijau #malikapte #mahadmalika #fotografi #photography #learning #muslimahtafakkur
.
Tempat ini tempatnya bapake banget..
.
Allahummaghfirlahuu warhamhuuu waafihii wa'fuanhuu..
Alfaatihah Watermelon big bites
#watermelon #photography #fruit #freshfruit #tropicallife
.
Males motong2 semangka?
Anti mainstream
Wkwkk 
This is how i eat πŸ‰πŸ‰πŸ‰πŸ‰πŸ‰πŸ‰πŸ‰πŸ‰
*kebiasaan πŸ˜†πŸ˜†

Kicauan Sang Ratu

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.